Posted in Design Interior, Kontraktor, Office, Uncategorized

TIPS MEMBUAT DESAIN INTERIOR KANTOR YANG NYAMAN

19

Dalam membuat desain interior kantor, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kantor Anda terlihat nyaman namun tetap formal. Faktor kenyamanan dalam bekerja menjadi salah satu faktor bagi karyawan untuk bertahan dalam jangka waktu lama di perusahaan. Faktor kenyamanan ini belum tentu hanya timbul dari pendapatan yang tinggi, pekerjaan yang sudah dikuasai, atau rekan kerja yang bersahabat, namun bisa jadi disebabkan oleh lingkungan kerja yang nyaman. Selain didukung oleh peralatan kerja yang menunjang pekerjaan, desain interior yang baik akan membentuk rasa nyaman dan dapat meningkatkan produktifitas karyawan, sekaligus mempresentasikan perusahaan secara baik.

Sebelum menentukan desain interior yang akan dibuat, Anda harus menentukan desain denah ruangan terlebih dulu. Pastikan lokasi ruang staff, supervisor, manager, sampai direktur sudah sesuai. Dalam menentukan denah ini, pastikan ruang manager maupun supervisor tidak jauh dari staffnya untuk memudahkan kontrol pekerjaan dan koordinasi maupun komunikasi antar tim. Kalau ruang kantor cukup luas, maka Anda dapat membuat ruang rapat kecil per divisi dan dapur kecil. Usahakan ada ruang rapat yang tertutup sehingga Anda dapat melakukan rapat tertutup di kantor, terutama untuk para kepala divisi.

DESAIN INTERIOR RUANG RAPAT KANTOR

Ruang rapat merupakan ruang pertemuan formal yang digunakan untuk berdiskusi antar tim dalam sebuah perusahaan. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan peralatan yang wajib digunakan dalam ruang rapat, seperti projector, papan tulis, dan lain sebagainya. Ada baiknya Anda memasukkan portofolio kantor dalam ruang rapat tersebut dalam bentuk foto, showcase, banner, sample produk, buku, dan lainnya. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan perusahaan maupun produknya kepada tamu dan karyawan perusahaan.

Furniture yang ada harus menyesuaikan konsep perusahaan secara keseluruhan. Apabila Anda memiliki perusahaan yang bergerak di industri kreatif atau seni, akan lebih baik apabila konsep ruang rapat dibuat dengan mengandung unsur seni di dalamnya, tidak kaku seperti halnya pada perusahaan manufacture. Begitu pula pada perusahaan konstruksi, makanan dan minuman, hotel, sampai restoran. Pastikan ruangan rapat dapat menampung seluruh kepala divisi dalam perusahaan. Sesuaikan ukuran meja dan kursi dengan jumlah peserta rapat. Ketinggian meja biasanya berkisar antara 80 – 90 cm agar nyaman. Kursi yang digunakan sebaiknya kursi hidrolik agar dapat disesuaikan ketingggiannya dengan meja. Hindari pemakaian sofa dan meja yang pendek seperti coffee table karena akan berkesan tidak formal atau casual.

Perhatikan pencahayaan lampu dan pendingin udara (AC) yang ada dalam ruang rapat. Pastikan lampu yang digunakan cukup terang sehingga peserta rapat tidak kesulitan dalam membaca dokumen. Suhu ruangan juga jangan terlalu panas atau dingin. Temperatur udara yang terlalu panas akan membuat suasanya rapat tidak nyaman. Begitupun apabila suhu ruangan terlalu dingin.

Jauhkan lokasi ruang rapat kantor dari ruang lain yang dapat mengganggu aktivitas rapat, seperti ruang dapur.

DESAIN INTERIOR RUANG KERJA DIREKTUR

Ruang direktur biasanya merupakan ruang yang paling mewah karena digunakan oleh pimpinan atau pemilik perusahaan. Namun sebetulnya biaya yang dikeluarkan dapat diminimalisasi dengan pemilihan desain interior yang tepat. Utamakan furniture sesuai kebutuhan Anda, hindari penggunaan lemari yang berlebihan apabila Anda tidak banyak menyimpan buku atau data perusahaan. Akan sia-sia apabila lemari tersebut tidak digunakan dan kosong. Begitupun dengan pemakaian sofa untuk tamu perusahaan. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan ruang rapat untuk menerima tamu atau melakukan rapat di luar kantor (eksternal meeting).

Penggunaan wallpaper juga tidak perlu di seluruh dinding ruangan, namun bisa hanya di satu atau dua sisi saja sedangkan yang lain menggunakan cat atau ditutupi oleh lemari buku. Gunakan bingkai foto minimalis untuk menutupi kesan kosong pada bidang dinding tertentu.

DESAIN RUANG KERJA STAFF

Ruang staff biasanya merupakan ruang yang paling sederhana dari segi desain artistik, namun memiliki furniture yang lebih banyak untuk menyimpan data perusahaan. Beberapa perusahaan membuat satu ruangan sebagai ruang data seluruh divisi perusahaan. Namun ada pula yang menyimpannya per bagian divisi perusahaan. Meja dan kursi yang digunakan tidak semewah ruang direktur.

Silahkan PM

Line: @g4171

Bbm: D0C1E029

WA: 087861879277

FB: AdwiwaDesain

IG: adwiwa_design

Advertisements

Author:

Q Laku Design Kontraktor,desain Interior, Architect

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s